Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Es Dawet Hijau Enak dan Legit

Resep es dawet. Sekarang kita mulai masuk musim kemarau kembali setelah kemari kita mengalami musim hujan yang panjang, kadang di musim kemarau seperti ini kita dihadapkan kepada dehidrasi dan sering cepat haus, mangkanya kita membutuhkan minuman yang menyegarkan untuk menghilangkan rasa haus dan minuman khas indonesia tentumya, setelah lama mencari refrensi minuman khas indonesia yang menyegarkan dan cocok dengan musim kemarau seperti ini saya mendapat usulan dari teman saya mengenai cara membuat es dawet khas jepara karena kebetulan ayah beliau adalah penjual dawet hijau.

Es dawet, mungkin merupakan minuman yang cukup asing untuk beberapa orang termasuk saya, walau pun minuman ini tak setenar cendol kecuali di daerah asalnya jepara, tapi setelah saya mencoba resep membuat es dawet dari teman saya, ternyata saya baru mengetahui bahwa es dawet adalah minuman yang cukup menyegarkan dan enak, dan saya sering membuatnya di rumah untuk sekedar minuman sendiri atau untuk menjamu teman-teman yang berkunjung kerumah.

Resep Es Dawet

Minuman Es dawet sangat cocok untuk penghilang haus dan pas untuk musim kemarau seperti ini apalagi diminum setelah aktivitas, seperti olahraga atau bekerja, es dawet yang berbahan dasar tepung beras sangat mengenyangkan jadi setelah minum es ini kita terasa minum sambil makan, dan karna itu es dawet merupakan salah satu minuman yang sangat di gemari oleh banyak orang, untuk itu saya akan berbagi cara mudah membuat es dawet,mangkanya jangan ragu-ragu unuk membuatnya di rumah.

Resep Es Dawet


Bahan utama untuk membuat es dawet :
250 g tepung dari beras.
2 L air putih bersih ( Masak )
2 sendok makan kapur sirih cair.

Santan :
1 L santan kelapa.
1 1/2 sendok teh garam daapur.
#setelah itu santan kelapa di rebus dan tambahkan garam di rebusnya dengan api kecil. 

Untuk bagian sirup es dawet ayu.
250 g gula merah.
1 L air beresih.
gula pasir 5 sendok.
daun pandan 5 lembar.
masak semua bahan diatas, hingga mencair seperti sirup.

Proses pembuatan :
  1. Pertama-tama campurkan bahan seperti tepung beras, air dan sapur sirih dan setelah semuanya dilakukan lalu sisihkan.
  2. adonan tepung tadi dimasukan kedalam air mendidih.
  3. setelah itu masukan bahan dawet ke saringan dawet dan tekan-tekan supaya masuk ke penampungan di atas yang telah di isi air matang.
Cara penyajian :
masukan dawet kedalam gelas masukan pula es batu dan sirup gula lalu langkah terakhir masukan santan.

Jika proses diatas telah dilakukan maka kita sudah bisa menyajikanya dan meminumnya lalu di temenin makan ringan terasa lebih mantap, Setelah mencoba resep ini coba juga Resep sop kambing enak dan lezat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Es Dawet Hijau Enak dan Legit