Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Sop kambing Enak dan Lezat

Resep sop kambing. Di Indonesia terdapat beberapa macam masakan berbahan dasar daging kambing seperti gulai kambing, sate kambing, tongseng kambing dan sop kambing. Untuk topic kali ini, fokus pembahasan ada pada resep sop kambing. Menu kuliner yang satu ini menjadi pilihan karena merupakan olahan kambing yang cukup sehat karena dimasak dengan cara direbus dan tanpa mengggunakan banyak minyak serta santan yang kaya kolesterol. Untuk mengolah daging kambing, Anda perlu cermat agar daging kambing tidak berbau menyengat dan keras. Sehingga, Anda harus merebusnya sebanyak dua kali sebelum memulai proses memasak. Proses perebusan berulang ini juga berguna untuk memngurang kandungan lemak yang cukup tinggi di dalam daging kambing.

Resep Sop kambing

Resep sop kambing memang tidak seterkenal sop daging ayam, sop ikan atau sop daging sapi. Namun, hal ini cukup dimaklumi karena kebanyakan masyarakat Indonesia belum mengetahui cara mengolah daging kambing yang baik dan benar agar menghasilkan olahan yang nikmat dan tidak berbau daging kambing yang menyengat. Melalui resep ini Anda tentu mendapat sedikit pencerahan mengenai cara mengolah daging kambing dengan baik dan benar agar tidak menghasilkan hidangan yang gagal. Untuk Anda yang masih penasaran tentang komposisi apa saja yang terdapat pada resep sop kambing, berikut ulasannya.

Resep Sop Kambing


Bahan Untuk Membuat Sop Kambing
  1. 500 gram daging kambing yang direbus selama 15 menit
  2. 500 gram iga kambing yang direbus selama 15 menit 
  3. 3 cm jahe yang dimemarkan 
  4. 5 cm kayu manis 
  5. 3 sendok teh garam 
  6. 1-2 butir biji pala yang diambil isinya
  7. 3 buah tomat segar yang dipotong kotak
  8. 3 batang daun seledri yang diiris kecil 
  9. 4 buah cengkeh
  10. Minyak goreng secukupnya
  11. 2 liter air bersih

Bumbu Untuk membuat Sop Kambing
  1. 14 siung bawang merah 
  2. 5 buah cabai merah
  3. 1 ¼ sendok teh merica bubuk 
  4. 4-5 siung bawang putih
  5. Haluskan semua bumbu yang sudah anda sediakan

Bahan Pelengkap Sop Kambing
  1. Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan
  2. 3 batang daun bawang yang dipotong kecil dan serong

Cara Membuat Sop Kambing
  1. Hilangkan kotoran dan bau prengus daging kambing dengan melakukan perebusan dan buang airnya lalu rebus kembali dengan air sebanyak 2 liter dengan api sedang kecil hingga daging benar empuk.
  2. Masukkan jahe dan garam secukupnya ke dalam rebusan tadi.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih, merica dan cabai merah yang telah dihaluskan tadi lalu aduk hingga tercium aroma harum.
  4. Masukkan kayu manis, pala yang sudah dibelah dan cengkeh ke dalam tumisan lalu aduk kembali hingga aroma bumbu rempah tercium.
  5. Masukkan bumbu tumisan tadi ke dalam rebusan daging kambing lalu aduk kembali sebentar hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Masak sop kambing hingga matang dan masukkan daun bawang dan tomat kemudian rebus dengan api kecil.
  7. Angkat dan sajikan selagi hangat serta beri taburan bawang goreng di atasnya 

Demikian penjelasan mengenai resep sop kambing yang tentunya akan menggoyang lidah Anda. Menu kuliner yang satu ini sangat mudah dibuat dan bahannya juga terjangkau. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam mengolah sop berbahan daging kambing. Selamat mencoba dan semoga berhasil menghidangkan makanan yang nikmat untuk keluarga tercinta. Baca juga Resep Sop Daging.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sop kambing Enak dan Lezat